Pages

Kumpulan Tugas Sekolah. Powered by Blogger.

Social Icons

Thursday, March 7, 2013

Tips Belajar dan Sukses Sekolah



Nama          :
Kelas          :


Tips Belajar dan Sukses Sekolah


1.         Buat rencana dan target
Buat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Jangan takut membuat target yang sulit. Selama kita mau bekerja keras dan berusaha, target yang sulit dapat dicapai.

2.         Disiplin waktu dan jangan menunda
Belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi.

3.         Niat kuat, kerja keras, dan berdoa
Niat yang tulus dalam mencapai prestasi di sekolah, disertai kerja keras dan berdoa adalah kunci utama semua keberhasilan prestasi di sekolah.

4.         Aktif bertanya
Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman, atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Kita juga dapat membahasnya bersama-sama dengan teman.

5.         Catat hal penting dan yang tidak diketahui
Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat berbagai hal yang guru jelaskan. Juga catat hal yang belum jelas atau tidak tahu. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti.

6.         Jujur dalam mengerjakan ulangan dan ujian
Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian. Mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong.

7.         Belajar kelompok
Belajar kelompok dapat menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak, paman, bibi, atau orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain.

8.         Buat ringkasan pelajaran
Ringkasan pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada.

Sumber: mediaanakindonesia.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment